Danau Linting, Mutiara Hijau yang Terpendam

Danau Linting? Kayaknya jarang denger? Biasanya yang sering denger itu Danau Toba. Ini Danau Linting? Emang ada dimana? Hehehe. Sabar, ntar dijelasin.

Emang sih, danau ini gak masuk peta provinsi, karena terlalu kecil mungkin ya. Dari luas ya kalah dengan Danau Toba. Hmmm... Oke. Mau sedikit cerita nih tentang Danau Linting. 
Suatu hari diajak keluarga main ke sana. Aku yang baru pulang dari pulau seberang, sempat bingung karena belum pernah denger nama tersebut. Oke, jadi no comment. Just follow them.
Sepanjang perjalanan sih fine. Pemandangan hijau, kebun, pepohonan, bahkan kerbau. Adikku sempat nyeletuk, "Kalo di jalanan biasa kita macetnya karena motor dan mobil, tapi ini macet karena ngantri bareng kerbau. hehehe"

Pemandangan di sekitar Danau Linting



Sampai disana, mata masih dimanja oleh pemandangan hijau. Dari jauh ada sosok perbukitan yang menambah suhu udara makin sejuk. Semakin mendekati danau, ramai! Ya standar anak-anak muda nongkrong, ngumpul, atau keluarga yang sekedar piknik dan  numpang makan ber-view-kan Danau Linting. 



Warnanyaaa.... hijaauuu biruuuu gimana gitu. Hmm.. Tak henti-hentinya mulut dan hatiku mengucap syukur dan puji-pujian. Alhamdulillah... Wah Subhanallah... Ngeliat sekeliling danau, banyak pengunjung ternyata. Ada yang mandi juga. Nih, foto-foto Danau Linting dari berbagai sisi. Maaf ya, gak ahli moto-moto waktu itu. hehehe
Danau dengan dahan pohon yang terjulur

Sejarahnya sih danau ini terbentuk karena aktivitas vulkanik. Hal ini dibuktikan dengan kandungan belerang yang tinggi. Dan jadilah, danau dengan air yang berwarna hijau kebiruan ini ada di Desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Akses menuju kesana jika dari Kota Medan yaitu dari Terminal Amplas ke Kecamatan Patumbak, melewati Desa Talun Kenas, Desa Siguci, Desa Kuta Jurung hingga Desa Sibunga-bunga Hilir. Lama perjalanan sih sekitar 2 jam katanya kalo melewati rute ini. Lama atau tidaknya kan tergantung darimana kita mengakses lokasi. :D



Well, sekian dulu ceritaku teman-teman. Danau ini memberiku inspirasi tentang betapa indahnya alam Indonesia. Bahkan dari tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota. Atau justru dari kejauhan itulah muncul mutiara yang bersinar. Ayo, nikmati berwisata di negeri sendiri. :D
my sister, me, and mom :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat dan iman kepada kitab Allah

Secuplik Kisah tentang Program dan Perencanaan

Waktu yang Terus Berjalan