-18 bulan-

18 bulan itu sama kayak kuliah 3 semester ya. Iya, selama itulah Hanan hadir mewarnai hari kami. Kehadirannya memaksa kami belajar. Belajar apa aja untuk memahami, mendidik, mikir rencana jangka panjang untuk pendidikan, kesehatan, dan hal-hal sepele sampe yang terpenting lainnya. Pelajaran penting sampai sekarang sih adalah soal KESABARAN. Niat, hati, otak, harus serba dingin dalam memahami dan menghadapinya. Apalagi udah masuk level aktif dan penasaran terhadap banyak hal. Kenapa bahasaku ilmiah kali ya? Hahaha.

18 bulan, artinya 6 bulan lagi dari target mengASIhi Hanan… Iya, kami memang menargetkan 2 tahun untuk menyusui dan alhamdulillah sampai sekarang masih cukup. Gak banyak sih, tapi cukup. Toh sekarang nyusunya juga agak berkurang. Lebih fokus sama makan aja dia sekarang. Jadi untuk mempertahankan produksi ASI, aku mulai rajin pumping. Alasan lainnya adalah siapin stok juga buat ntar kalo tiba-tiba dipanggil kerja. Kapan kerja? Entahlah. Hahahha eh skip soal kerjaan ya. Tulisan ini Cuma mau fokus sama Hanan wkwkwk.

Bingung tulisan ini mau kemana. Di satu sisi mau nulis soal tumbuh kembangnya, di satu sisi pengen sharing juga soal per-ASI-an. Tapi selalu gak pede kalo sharing soal per-ASI-an. Ngerasa gak expert. Sering baca sih, tapi akupun suka malas mempraktekkan apa yang kubaca. Hahahhaa. Tapi karena ngerasa bentar lagi kerja, mau gak mau harus banyak belajar lagi soal per-pumping-an.

Oke, semua diawali dari pertengahan bulan Maret beli pumping baru (cie) Soalnya pumping yang lama manual bun, kan pegel yak. Hihihi. Jadilah ngajuin proposal ke suami buat beli breastpump yang elektrik biar agak praktis (kayaknya). Udah lamaaaa banget gak pumping. Karena semenjak selesai proyekan akhir tahun kemarin, aku full di rumah. Keluar itu jaraaaaang banget. Jadi pumping juga jaraaaang banget. Kalo ada rencana mau keluar aja malemnya baru pumping hehehehe.

Awal pumping aku ngerasa mau nyerah. Apa karena usia anak juga udah makin besar ya makanya produksinya gak sebanyak dulu? Menurutku sih iya, karena dia juga jarang nyusu sekarang. Karena itulah harusnya tetep dipumping biar produksi ASI terjaga. Duh ilmiah kali ya? Kenapa aku mau nyerah pas mulai pumping lagi? Karena tiap pumping itu yaampun isinya itu dikiiiiit banget. Jangankan mbasahin pantat botol, ini Cuma mengembunkan tok. Ngembunkan botol, ngakak. Sempet mikir apa salah cara pakai breastpump nya ya, atau memang gak cocok. Sempet banyak pertanyaan sih yang terlintas di benakku. Ea.

Pokoknya di awal-awal itu, histori pencarian di youtube gak jauh-jauh dari tutorial pumping, tips meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, dan berbagai pencarian terkait. Instagram juga langsung follow mak-mak pejuang ASIP. Liat foto, tulisan, postingan yang isinya adalah freezer penuh ASIP sampe dua, tiga kulkas. Makin minder awalnya. Tapi bertekad sih untuk jangan nyerah. Mungkin ini emang awalnya. Gak mungkin juga ya awal pumping langsung satu liter hasilnya. Wong liat postingan hasil perahan mak-mak itu juga bukan proses singkat. Melalui begadang, tidur yang kurang, meluangkan waktu tiap dua atau tiga jam rutin dimanapun dan kapanpun.

Jadi apa yang kulakuin dari awal sampe sekarang? Dari berbagai pengalaman sih hal yang berpengaruh adalah soal disiplin dan rutin. Iya, rutin mompa tiap dua jam sekali. Kalo gak sempet dua jam sekali ya bisa tiga jam sekali. Gak peduli deh walau hasilnya Cuma ngembunin corong botol aja. Sampe suami ngeledek, “Katanya pake yang elektrik bisa banyak? Kok lebih dikit dari kamu waktu pake manual?” Kalo tipe yang rendah diri sih bakalan down ya. Aku malah jadinya nge-gas. Hahahha. Padahal aslinya dia pasti kan gatau gimana prosesnya. Akhirnya aku jelasinlah apa yang kubaca kalo gak semudah membalikkan telapak tangan. Sambil kuselipin pesan “tolonglah ini istrinya didukung. Kalo bikin badmood makin gak keluar nih” kata aku sambil ngancem wkwk. Dua tiga kali aja sih nanyak itu habis itu dia gadak komentar apa-apa. Malah suka bantuin naruhin ke kulkas hasil perahan kalo aku lagi gak sempet.  

Tips berikutnya soal makanan. Asli dalam waktu hampir dua minggu itu bener-bener gak makan yang aneh-aneh. Ngemilnya buah, no micin-micin no junkfood junkfood club deh selama dua minggu itu. Kalo laper ya makannya nasi, atau buah, pokoknya yang tersedia di rumah deh. Aslinya sih ngemat yak karna duitnya terkuras buat beli breastpump baru wahahahaha. Seminggu udah keliatan hasilnya? Belom buk, masih yaaa sekitar 20ml tiap PD. Masih belum nemu LDR yang pas selama dua minggu itu. Kalopun LDR Cuma bentar. Tau kan LDR? Bukan Long Distance Relationship ya, tapi Let Down Reflex. Jadi LDR itu intinya refleks keluarnya ASI karena dipicu sama hormon oksitosin. Intinya sih LDR itu proses ASI lagi deres-deresnya hehehehe. Oke cukup ya pembahasan soal LDR kalo mau lebih tau lebih dalam bisa browsing ya buibuk.

Hal berikutnya yang penting dalam per-pompa-an ASI adalah soal pikiran sih. Semahal apapun boosternya kalo pikiran dan hati gak tenang ya sama aja. Berdasarkan pengalaman lagi nih, kalo pas mompa kepikiran hasilnya berapa cc gitu, malah lebih dikit hasilnya dibandingkan kalo kita rileks aja gitu. Pompa aja seberapa dapetnya ikhlasin aja. Nah biasanya kalo udah rileks sih hasilnya juga agak banyak gitu. Toh kalo rileks dan happy hormon-hormon yang merangsang produksi ASI juga bekerja dengan baik yakan. Intinya bersyukur aja masih bisa nyusuin bayi.

Ada lagi yang paaaaling penting dari semua tips, yaitu DOA. Iya, doa. Tiap sholat berdoa, minta izin buat mengASIhi sampai dua tahun. Toh menyusui sampai dua tahun juga merupakan anjuran dalam Islam ya, tertulis juga dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 233: “Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna…..” Ayat ini masih berlanjut ya, silahkan dibaca selanjutnya 😊

Gitu aja sih pengalamanku soal ASI. Masih banyak sih, tapi gatau masih dipelajari lebih lanjut. Hmmm intinya sih harus disyukuri prosesnya, apalagi hasilnya. 😊 Sekian tulisan malam ini, semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat dan iman kepada kitab Allah

Secuplik Kisah tentang Program dan Perencanaan

Waktu yang Terus Berjalan