Cerita Menyapih Hanan

Menjelang usia Hanan 2 tahun 2 bulan, aku pengen cerita soal pengalaman menyapih Hanan. Sebagian besar ibu di dunia pasti menghadapi kegalauan ketika mau menyapih anaknya. Gimana enggak galau? Kalau dari lahir tiap hari kapanpun dimanapun kalo anak minta pasti dikasih, yakan? Hahaha. Mau tidur, ngantuk, laper, nangis kejedot, jatuh, susuin aja anaknya pasti diem. Sengantuk apapun seorang ibu di malam hari, kalo anak minta nyusu ya mamak harus rela melayani.
Sekarang, setelah menyapih kadang rindu sih. Trus aku jadi sadar kalo ternyata menyusui itu anti ribet ya. Kalo anak minta nyusu tinggal buka kancing atas, kasih nah. Kelar. Gitu menyapih, kalo anak minta susu ya mau gak mau harus bangun, melek, ngitung takaran susu dan airnya, bikin susu, kasih, nungguin sampe kelar, baru dot atau gelasnya ditaruh di meja. Kalo ini sih bagian tengah malem atau menjelang pagi bukan aku yang buat. Hahahaha. Aku bagian peluk Hanan aja biar gak nangis. Bapaknya yang bangun bikin susu. Hahahahaha.
Aku mutusin nyapih Hanan ketika jalan 2 tahun. 2 tahun kurang beberapa hari doang sih. Kenapa sih menyapih Hanan padahal belum genap 2 tahun? Alasan pertama, aku bakalan latsar dimana aku harus siap kapanpun jadwal keluar. Yang kedua, aku ngira kalo menyapih bakal butuh waktu lama hitungan bulan, jadi kupersiapkan lebih awal untuk toleransi kalau kalau gak berhasil. Yang ketiga setelah tau kalo Hanan bakal punya adek lagi. Nah alasan ketiga ini makanya langsung eksekusi wkwk. Walau dokter bilang kandunganku aman, dan aku udah siap kalau harus NWP, tapi gadak salahnya juga untuk nyoba nyapih lebih awal kan.
Untuk menyapih Hanan udah kupersiapin ilmu, pengetahuan, baca berbagai pengalaman ibu-ibu lain dari berbulan-bulan sebelumnya. Dan dari awal udah netapin bakal pake metode WWL. Mamak milenial pasti gak asing ya sama Weaning With Love (WWL) yang artinya menyapih dengan cinta. Iya, jadi teknik menyapih ini pure dengan cinta, tanpa boong sama anak pakein obat merah, lipstik, asem-aseman atau pait-paitan di payudara maknya.
Hanan pernah, dalam perjalanannya aku coba iseng kasih garem. Karna saking gak sabarnya sama prosesnya, jadilah nempelin garem. Ternyata gak mempan, dia tetap ngenyot dengan penuh cinta dan lahap wkwkwk. Sampe heran itu apa rasanya ya dia makan garem dicampur ASI sambil berlinang air mata. Iya berlinang air mata karna sebelumnya gak dikasih. Asli Cuma sekali aja berbuat kayak gitu karna gak tega beneran. Padahal kalo dipikir-pikir Cuma garem sih, bukan yang pait-paitan atau hal-hal lainnya. Trus jadi ngerasa kalo aku itu ibu yang jahat kok ngerjain anak sih.
Semenjak kejadian itu aku jadi ngerti kenapa WWL itu butuh kesabaran yang super duper ekstra. Harus siap sama tangisan atau jeritan anak di tengah malam. Nah untuk menghadapi ini butuh sosialisasi sama keluarga serumah sih. Butuh pemahaman dari semua pihak kalau kita lagi menjalani proses menyapih. Biar semua paham dan mendukung.
Di awal aku bilang sama Hanan kalo bakal ada adek di dalam perut, butuh nutrisi, ntar susu untuk Hanan jadi berkurang dan bilang kalo kita belajar berhenti nyusu. Awalnya dia cuek sih. Macem Cuma liatin maknya ngomong tapi masuk kuping kanan keluar kuping kiri ala ala anak remaja. Lama-lama kurangin frekuensi nyusu. Jadi nyusunya Cuma boleh pas mau tidur aja. Diluar itu gaboleh. Beberapa hari dia terbiasa. Terus akalnya main jadi dia suka beralasan mau tidur biar nyusu, tapi dia gak tidur-tidur. Sebel kan. Dan semua proses ini berjalan selama sekitar 2 minggu. Setelah 2 minggu gimana? Berhasilkah?
Alhamdulillah berhasil sih. Suka lucu liatnya jadi kayak adaptasi gitu soal tidur. Dia cari posisi ternyaman mana, hadap kanan, hadap kiri, telentang, apa peluk guling, pokoknya dia cari posisi enak dulu sebelum tidur. Terus dia tidur gitu aja. Kan mamak happy waktu liat proses ini berhasil. Iya emang drama pada awalnya, tapi yakinlah mak, semua akan berhasil pada waktunya. Heheheh yang penting sabar dan ikhlas sih. Sabar menghadapi drama dan ikhlas gak ngASIhi lagi. Jadi segitu deh proses menyapih antara kita bertiga. Iya bertiga, soalnya yang menjalani proses ini ya kita bertiga saling kerja sama.
Nambahin ya, jadi selama menyapih itu anak dikenyangin dulu sebelum tidur. Biasanya sih aku kasih cemilan entah roti, buah, atau lauk yang dia mau. Jadi pas tidur dia gak bergantung sepenuhnya sama ASI karena udah kenyang dan biasanya kalo udah ngantuk kali bisa tidur sendiri tanpa susu/ASI. 
Oya peran bapaknya belum aku ceritain ya. Dalam proses ini bapak berperan dalam menggantikan peran ibunya. Kalo sebelumnya mamak berperan besar dalam menidurkan anak, kali ini gantian bapaknya yang kasih kenyamanan. Baik dengan digendongkah, atau diceritain sesuatu kah, atau dipeluk kah, pokoknya kasih apa yang dia nyaman. Awal-awal aku ngumpet dulu biar dia gak nyariin ASI, jadi bapaknya yang berusaha nidurin. Lama-lama kebiasaan bergantung kepada selain mamaknya Alhamdulillah. Trus pas ngeliat pemandangan bapak nidurin anaknya jadi terharu sih. Dia jadi gak lengket sama aku aja. Tapi berbagi tugas dan berbagi peran. Happy nya lagi mamak bisa quality time sendiri wkwkwkwk.
Akhirnya yaaaa sebelum nyusui lagi, aku bisa mengistirahatkan diri dari proses mengASIhi bangun malem, pumping, dan lain-lainnya sebelum mulai tempur lagi. Masa-masa ini gak akan aku sia-siakan begitu aja. Hahahaha. Malamku lebih damai wkwkwk. Percayalah mak, kadang kangen memang. Si anak juga pasti ada masanya rindu tidur di pelukan kita. Nah kalo udah gini mamak haru bakal menyediakan pelukan sehangat-hangatnya dan senyaman-nyamannya untuk anak.
Sekian cerita menyapih kali ini. Bagi mamak, ibu, bunda yang punya cerita dan pengalaman soal menyusui dan menyapih boleh dibagikan ya lewat kolom komentar… 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat dan iman kepada kitab Allah

Secuplik Kisah tentang Program dan Perencanaan

Waktu yang Terus Berjalan