Analisis Isu dan Wacana terhadap Salah Satu Media

By: Irdha Diah Utami

Media adalah alat dalam berkomunikasi. Saat ini media sungguh banyak dan memiliki beberapa arti penting, diantaranya adalah:
-   Kemampuan media dalam menjangkau semua lapisan masyarakat
-   Efektivitas dalam proses pembelajaran
-   Media sebagai wadah dakwah
Media elektronik adalah media yang efektif dalam kehidupan nyata. Contohnya adalah televisi. Apakah kita melihat seberapa banyak iklan-iklan ataupun tayangan-tayangan yang tidak pantas dipertontonkan? Televisi sebagai media pendidikan sudah mulai minim.
Semua sibuk menggunakan media untuk keuntungan kelompok tertentu. Banyaknya iklan untuk keuntungan marketing produknya sendiri.  Untuk politik, bahkan sudah berani menunjukkan eksistensinya. Saling berebut mencari perhatian massa. Apakah anda memperhatikan? Setiap mendekati pemilu, berebutanlah para calon-calon terpilih untuk menguasai media. Mereka gencar-gencarnya merebut media kemudian dikuasai untuk bagaimana caranya agar pencitraan dirinya baik.
Media selanjutnya adalah internet. Mendengar kata internet tak akan asing lagi di era globalisasi ini. Anak SD bahkan sudah kenal dengan internet. Baikkah hal demikian? Tergantung. Ya, tergantung pengawasan orangtua, tergantung individu anak tersebut, dan tergantung pada bagaimana penguasaan individu tersebut dalam menguasai media.
Di sebuah situs, selalu memberitahu hal-hal terbaru, mulai dari kesehatan, politik, isu-isu internasional, bahkan info selebritis jadi satu di situs tersebut. Namau masalahnya, ada saja komentator yang tidak senang kepada suatu agama. Media tersebut selalu ramai mempermasalahkan SARA. Kalau artikel yang berkaitan dengan agama sedikit saja, biasanya para komentator atau oknum-oknum licik akan memainkan perannya. Padahal berita di dalamnya dikemas dengan semenarik mungkin.
Itulah realitas yang ada saat ini. Di satu sisi media menjanjikan banyak kemudahan. Namun di sisi lain, media begitu memprihatinkan. Menurut saya, penguasaan dan keterampilan dalam mengelola media adalah hal terpenting. Sembari memperbaiki kader di internal, tidak ada salahnya jika kita juga mem-publish atau men-share-kan hal-hal positif. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat dan iman kepada kitab Allah

Secuplik Kisah tentang Program dan Perencanaan

Waktu yang Terus Berjalan