Anak dan Gadget

Wah lagi kerajinan nulis nih bisa tiap hari posting wkwk. Takutnya besok-besok malesnya gak ketulungan sampe ada sawangnya nih blog. Tapi gapapa lah mumpung berkaitan sama tulisan sebelumnya. Kalo tulisan sebelumnya soal perkembangan bahasa anak, kali ini soal candu gadget yang biasa terjadi sama anak jaman sekarang. 
Suka sedih sih sebagai orangtua jaman sekarang. Anak kecil jaman sekarang tu pegangannya udah hp. Kalo udah megang hp jadi kayak punya dunia sendiri, gak peduli sama lingkungan sekitar, gak nyahut kalo mamaknya manggil, gak jawab kalo ditanya. Duh sedih deh, takutnya anak nanti gak bisa jadi pendengar yang baik di masa depan, jadi penyendiri, gak suka bersosialisasi. Suka sebel juga kalo ada orang dewasa yang kalo diajak ngomong sama lawan bicaranya malah sibuk mainin hp. Walau ngakunya dia dengerin sih, tapi aku yakin gak 100% dia nyerap apa yang disampaikan lawan bicaranya. Karena pasti fokusnya udah beda. 
Nah waktu si abang udah mulai banyak kosakata, lancar ngomong, bijak sana sini, pernah ngasih reward ngasih tontonan u-tube. Nah setelah itu dia jadi nagih, minta terus, dan entah kenapa kita juga ngasih-ngasih aja. Makin lama makin parah, kalo gak dikasih nangis. Wah udah gak beres nih kan, akhirnya sama suami bertekad yok ganti metode.
Awalnya kita mulai rajin beli mainan yang kira-kira bisa buat main bareng, bikin kesibukan, merangsang kreativitas, biar dia sibuk dengan aktivitas fisik, bukan duduk diam main hp. Terus kami sebagai orangtua juga nyimpen hp di tempat yang gak bisa dia jangkau. Liat hp cuma untuk bales pesan penting, udah taruh lagi. Gitu terus selama seminggu. Gaada itu scroll postingan IG, FB, twitter, liat story orang di berbagai sosmed, gak kita lakuin. Anak tidur ya kita ikut tidur. Selama seminggu gitu terus. Oiya bukan cuma tugas berdua ya, tapi juga komitmen sekeluarga besar. Karena anak-anak kalo pagi di rumah omanya, malem berkunjung bentar tempat eyangnya. Di rumah oma dan eyang, sama-sama kita wanti-wanti jangan tunjukin hp. Selama seminggu penuh tanpa liat hp bisa juga sih dia. Dan akhirnyaaaa.... dia lupa, dia biasa aja, dia cuek kalo liat hp. Bahkan kadang dia ngingetin kita kalo lagi main sama anak-anak tapi pegang hp. Dia ngingetin, "bubu, hape." Maksudnya dia nyuruh kita nyimpen hp dan main sama dia. Yaampun waktu hal ini terjadi, kita seneng banget kalo apa yang kita usahakan itu berhasil. 
Kan kasian ya, kalo anak-anak yang harusnya aktif main sana sini malah sibuk diam terduduk sambil liat layar hp. Ku tak tegaaa ~ Sekarang masihkah dia tanpa hp? Masih kok, tapi bukan berarti tanpa hp juga. Sekali-kali bolehlah tapi tetep terbatas. Itupun kalo di luar. Kalo di rumah sama sekali sebisa mungkin jangan pegang hp. Full main sama ortu dan adeknya. Jadi buat para ortu yang ketemu kasus yang sama, yuk kurangin yuk, demi masa depan dia, juga demi hubungan kita sebagai ortu-anak juga. 
Sekian sharing hari ini... Sampai ketemu di lain waktu.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat dan iman kepada kitab Allah

Secuplik Kisah tentang Program dan Perencanaan

Waktu yang Terus Berjalan