Tersadar dalam Kenangan

Masjid ini..
Mengapa baru kusadari sesuatu yang hampir terlupa
Kuingat lagi kenangan tempo dulu
Memori yang masih tersimpan di otak dan hatiku
Waktu kecilku diajak shalat dengan ayah di masjid ini
Walau aku belum mengetahui apa makna shalat
Waktu kecilku pernah mengikuti lomba adzan di masjid ini
Waktu kecilku pernah diajak ayah takbiran pada malam ‘idul fitri

Waktu kecil
Apakah hanya waktu kecil?
Ternyata iya
Setelah aku beranjak dewasa
Tak pernah lagi ku injakkan kaki di tempat suci ini
Akankah semua itu hanya menjadi kenangan?

Ya Allah..
Di masjidmu ini aku bersimpuh memohon ampun
Dalam sujud sembahku haturkan
Dahi dan hidung menyatu dengan bumi
Kepala ini berada di tempat yang paling rendah
Rata dengan bumi
Tanda penghambaan kepada Panciptanya

Di masjid ini aku temui
Siapa diriku sesungguhnya
Hanya serpihan partikel kecil
Yang tidak berarti
Apabila dibandingkan dengan jagat raya nan luas ini
Bagaimana pula dengan yang menciptakan alam ini?
Subhanallah…
Tak terkira
Engkau Maha Besar Ya Mutakabbir..

Di Masjid aku mengetahui
Panggilan-Mu di setiap waktu shalat
Sungguh terdengar merdu nan syahdu
Ya Allah…
Pembuktian dan fakta terjadinya alam ini
Membuatku semakin rindu
Ingin bertemu dengan-Mu
Wahai Sang Khalik

Banyaknya dosaku
Sedikitnya amalanku
Baru tersadar di tempat-Mu yang suci ini
Yang sejuk ini
Yang indah ini

Waktu kecilku sudah bersahabat dengan masjid ini
Mengapa setelah besar ku lupa?
Ampuni hamba Ya Robbi…
Inginnya aku menjadi pemuda yang selalu mengisi shaf paling depan
Izinkan hamba-Mu ini menyucikan hati
Menemuimu adalah kerinduanku
Isak tangis dalam sujudku adalah hal yang selalu ingin kulakukan
Seolah kepalaku sedang dielus penuh kasih oleh Engkau Ya Rahiim…
Izinkan aku kembali mengisi hari-hariku di masjid ini
Seperti waktu kecilku…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat dan iman kepada kitab Allah

Secuplik Kisah tentang Program dan Perencanaan

Waktu yang Terus Berjalan