Makin Sederhana Makin Bahagia

Mumpung anak tidur pengen posting curhatan mamak soal mainan anak nih. Tema ini disponsori oleh idenya mamamolilo dan mbak puty hehe. Mumpung lagi free iseng aja sekalian pengen nambahin postingan di blog. Sepi cuy. wkwk
Ngomongin mainan anak sebenernya sederhana sih. Apa yang ada di sekitar dia sebenernya bisa dijadiin mainan untuk anak. Kadang suka heran, kenapa si bayi 11 bulan ini malah ketawa bahagia waktu mainin botol air mineral, atau mukulin piring pake sendok seolah-olah itu gendang, atau mainan karet gelang yang terjatuh di lantai, dan masih banyak lagi. Padahal mainan (yang dibeli) untuk dia segudang. Eh hiperbola sih ini. Palingan sekotak doang. Hahaha.
Anakku ini cucu pertama dari kedua pihak, baik di keluarga aku, maupun keluarga suami. Jadi ya, soal mainan gausah ditanya deh. Dari masih jadi bayi merah sampe sekarang lagi belajar jalan, kakek neneknya seriiiing banget beliin mainan. Sayang cucu katanya. Dari yang diam sampe yang bergerak, dari yang bersuara sampe yang bisa dinaikin. Macem lah. Tapi ya itu, cuma bertahan sebentar. Dimaininnya kalo ada temennya yang pinjem mainannya baru deh si anakku ini mau nyentuh mainannya. 
Padahal ya, si anak lebih bahagia dan sering ngejer kalo liat botol plastik, kotak tisu, minyak telon, bedak, dan semua alat rumah tangga yang menarik perhatiannya. Padahal mamak yang sok idealis ini pengennya si anak main mainan yang udah ber-Standar Nasional Indonesia, yang sesuai dengan umur dan kemampuan motoriknya, yang ada di buku-buku parenting gitu lah. Tapi kenyataannya? NIHIL hahahaha.
Dari sini aku sadar sih, kalo kebahagiaan anak itu gak bisa diukur dari materi dan harga barangnya. Yang terpenting adalah sosok orang tercinta yang nemenin anak bermain. Kadang dari barang sekitar justru dia belajar eksplorasi lingkungan sekitarnya, mengenal barang-barang yang biasanya dipakai di kehidupan sehari-hari. Bisa jadi kenapa si anak tertarik mainan sederhana karena dia penasaran kenapa orangtuanya selalu make atau gunain barang itu. Ya gak? 😄 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat dan iman kepada kitab Allah

Secuplik Kisah tentang Program dan Perencanaan

Waktu yang Terus Berjalan