Nikah?? So what?

Selamat malam guys. Di minggu kedua agustus ini banyak banget undangan datang bersliweran. Mulai dari temen deket, tetangga, sodara, temennya temen, anaknya temennya mama, anaknya siapalah siapalah itu. Hahaha.
Jadi pengen nulis aja soal pernikahan. Siapa tau bermanfaat hihi. Walau aku baru ngalamin kehidupan pernikahan selama 19 bulan sih. Wkwk.
Ini bukan untuk menggurui, bukan! Niatnya untuk berbagi. Real sharing.
Oya, dulu, sebelum nikah, pas gadis, aku suka ikutin kajian pra nikah gitu waktu di kampus. Alhamdulillah rajin ngikutin kalo temanya nikah wkwk. Tema lain juga sih bukan cuma soal nikah kok (biar gak dibilang kebelet nikah) hahaha.
Jadi penting banget sebenernya "ilmu qobla amal" alias ilmu sebelum amal. Sebelum nikah, kita emang perlu belajar soal kehidupan rumah tangga yang amat sangat kompleks. Emang sih, ilmu pernikahan itu gadak sekolah resminya. Tapi dengan ngikut kajian sana sini sih harapannya aku bisa tau gimana kehidupan pernikahan dan persiapan yang perlu dijalani. Dan beneran, kehidupan pernikahan gak seindah ekspektasi dari drakor yang sering kutonton. Hahahaha. Dan bener juga, komunikasi suami istri itu bener bener beda.
Dimulai dari mana dulu ya? Jadi bingung wk. Oke, dimulai dari persiapannya dulu deh. Jadi waktu tau aku dilamar, ada seorang temen kampus yang telpon dan ngasih nasihat (dianya masih jomblo sih gatau ni anak bisa ngeluarin nasihat ini darimana bekelnya)😆 Jadi dia berpesan ke aku untuk perbanyak ibadah. Bener bener kuatin ibadahnya. Wajib plus sunnah. Aku heran. Kenapa harus diperkuat? Toh calon jodoh udah di depan mata ngapain diperbanyak ibadah ya gak. Yang sepikiran, silahkan istighfar yak hehehe. Ini bener lo. Adaaa aja ujiannya. Secara umum emang keliatan lancar tanpa kendala. Tapi ya gitu, aslinya ngerasainlah gimana kerikilnya nyandung. Pengen cerita tapi panjaaaaang takut pada bosen. Intinya sih ujian ini menurutku untuk menguji keteguhan hati kita. Dan lagi, pernikahan ini kan ibadah kan ya. Jadi ya wajar aja banyak cobaan. Wong kita kalo mau berbuat baik ada syaiton yang menggoda ya gak. Sama. Ini juga gitu. Adaaaa aja kejadian kejadian yang memiliki banyak hikmah. Yang kalo gakuat hati hati kewarasannya terganggu 😝
Pas udah nikah lain lagi ujiannya. Buanyaaaak banget. Tapi ya balik lagi. Menguji komitmen dan tanggungjawab masing masing sih sebenernya. Kalo aku sih ya, kalo ada masalah, langsung minta maaf sebelum nyampe 10 menit. Kalo belum ada yang minta maaf biasanya salah satunya ngingetin dengan bahasa "kamu gak minta maaf ni sama aku?" Abis itu kita langsung senyum senyum sih hahahaha.
Oya sebelum pernikahan tambah jauh, di awal aku udah kasitau beberapa teori yang emang bener setelah kujalani beberapa minggu di awal pernikahan. Aku kasitau kalo mungkin di dalam pernikahan aku bakal cerewet. Jangan heran ya karna menurut penelitian, perempuan itu mengeluarkan 21ribu kosakata per harinya. Sedangkan lakilaki cuma 7ribu kata. Bayangin! Tiga kali lipatnya tjuy. Hahahaha. Jadi wajar aja yakan kalo mamak udah merepet tapi si bapak cuma bilang "yaa", "hmmm", "yaudah", "oke" sambil mbolak mbalik halaman koran atau sambil mainan gadget. 😣 Jadi kalo kejadian suatu kisah akunya banyakan cerita dan dianya banyakan diem aku langsung protes dan si suami biasanya ngeluarin teori ini. Duh nyesel ya kenapa dikasitau hahahaha terus dijadiin pembenaran sama doi. 😏 Tapi intinya sih itu untuk saling menghargai aja. Saling tau kalo ternyata faktanya emang gitu. Kita jadi saling ngerti aja sih. Tapi bukan berarti para mamak mamak ini dicuekin ya. Mereka malah seneng kalo curhat curhatnya ditanggapin. Apalagi kalo berkeluh kesahnya makemak ditanggepin dengan kasi duit belanja atau diajakin jalan ke emol. 😝
.
.
Berhubung besok pagi nganterin sepupu yang nikah, aku sambung kapan kapan ya insyaAllah.
Happy long weekend.
Salam kemerdekaan. 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hakikat dan iman kepada kitab Allah

Secuplik Kisah tentang Program dan Perencanaan

Waktu yang Terus Berjalan